pembuat-patung

Pengertian Jenis Karya Seni Patung

Pengertian karya seni patung atau seni patung menyatakan bahwa patung adalah benda tiga dimensi karya seni Manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya cipta seni dimana Seseorang yang mencipkan karya seni patung disebut degan istilah Pematung.

Patung dapat diartikan sebagai tiruan bentuk, karena patung biasanya meniru dari bentuk manusia , hewan, dan yang lainya. Karya seni patung dibentuk dengan cara di pahat dan juga dengan teknik mencetak.

Tujuan penciptaan patung adalah untuk menghasilkan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin yang hasilnya diakui secara khusus sebagai suatu bentuk karya seni.

“Patung adalah benda tiga dimensi karya Manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni dimana tujuan dari penciptaan patung adalah untuk meghasilkan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin”.

Fungsi Karya seni patung

Fungsi pembuatan karya seni patung tidak terlepas dari tujuan di ciptakanya seni patung itu sendiri. Sedikit akan Saya jelaskan tentang bagaimana fungsi dan jenis pembuatan karya seni patung yang biasa dibuat oleh pematung (orang yang membuat patung) termasuk disini Team Pematung K17 Cipta Karya yang telah banyak menghasilkan karya-karya Patung untuk Indonesia diantaranya, Patung Presiden Soekarno dan Patung lambang Garuda Pancasila serta masih banyak lagi karya – karya cipta Kami yang bisa Anda telusuri di website k17ciptakarya.com ini.

Jenis – jenis karya seni patung

pengertian seni patung

Jenis – jenis karya seni patung dilihat dari cara pembutanya

  • Patung semen yaitu patung yang terbuat dan dicetak dengan bahan material semen dan proses pembuatanya melalui tahap perangkaan untuk menghasilkan cetakanya dan termasuk dalam kategori patung semen adalah patung arca dan lampion
  • Patung Fiber glass seperti patung semen yang hanya diganti bahan materialnya
  • Patung pahat yaitu patung yang proses pengerjaanya melalui tahapan pemahatan dan dalam proses pahatan bisa menggunakan media atau bahan seperti batu ataupun kayu .
  • Patung Relief merupakan jenis patung sebagai hiasan dinding ,penyekat ruang ,memperindah jendela ,pintu,ataupun gerbang dan jenis patung relief hanya bisa dinikmati dari satu sudut pandangan mata.

Jenis – jenis karya seni patung bila dilihat dari fungsi pembuatanya

  • Patung Monumen merupakan bentuk patung untuk memperingati peristiwa sejarah tertentu ataupun mengenang para tokoh yang dianggap berjasa.
  • Patung Replika yaitu patung yang pembuatanya atau bentuknya meniru suatu benda atau objek bisa beruapa bangunan,bentuk orang atau wajah ataupun meniru bentuk patung yang sudah ada dan dikenal luas
  • Patung Miniatur hampir sama dengan patung replika akan tetapi biasanta patung miniatur memiliki ukuran yang lebih kecil dari benda aslinya
  • Patung Dekorasi merupakan jenis patung yang dibuat untuk menambah efek hiasan atau keindahan pada suatu tempat baik didalam ataupun diluar ruangan dan patung dekorasi ini bisa juga dijadikan sebagai patung promosi .

Jenis – jenis karya seni patung dilihat dari posisinya

  • Patung Free Standing merupakan jenis patung yang memiliki posisi tegak berdiri seperti patung polisi, patung taruna dan yang lainya
  • Patung Zonde ini merupakan jenis patung yang dibuat dengan utuh dengan berbagai posisi beragam, seperti patung manusia posisi duduk,  patung manusia posisi membungkuk, patung posisi tidur ,dll
  • Untuk patung setengah badan biasanya disebut dengan patung Boss.
  • Patung Tarso adalah patung yang dibuat hanya pada bagian – bagian tertentu saja, bentuknya tidak utuh satu kesatuan. Contoh patung tarso yang sering dibuat adalah patung bentuk tangan.

Demikian semoga artikel tentang karya seni patung tersebut bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai seni patung.

0 comments on “Pengertian Jenis Karya Seni PatungAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *